Stadion Old Trafford


Stadion Old Trafford


Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang berlokasi di Old Trafford, Greater Manchester, Inggris, dan merupakan markas klub sepak bola Manchester United. Dengan kapasitas 75.635 kursi,stadion ini merupakan stadion terbesar ketiga dan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris, serta stadion kesebelas terbesar di Eropa.Old Trafford yang dijuluki "The Theatre of Dreams" oleh Sir Bobby Charlton,telah menjadi markas United sejak 1910, walau sejak 1941 hingga 1949, klub berbagi Maine Road dengan rival lokal Manchester City pasca kerusakan akibat pengeboman pada Perang Dunia II. Old Trafford mengalami beberapa kali ekspansi pada 1990-an dan 2000-an, termasuk penambahan tambahan tingkat di Tribune Utara, Barat, dan Timur, yang membuat stadion kembali ke kapasitas aslinya, 80.000. Ekspansi ke depannya dapat termasuk penambahan tingkat kedua di Tribune Selatan, yang dapat meningkatkan kapasitas menjadi 90.000.

Old Trafford menyelenggarakan semifinal Piala FA, pertandingan Inggris, pertandingan pada Piala Dunia 1966 dan Piala Eropa 1996, serta Final Liga Champions UEFA 2003, demikian pula dengan pertandingan tahunan liga rugbi, Grand Final Liga Super serta dua final Piala Dunia Liga Rugbi. Stadion ini juga menjadi penyelenggara cabang sepak bola pada Olimpiade Musim Panas 2012, termasuk sepak bola internasional wanita untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Gambar terkait
Stadion ini dirancang oleh arsitek Skotlandia, Archibald Leitch yang telah merancang sejumlah stadion lain, dengan rancangan asli berkapasitas 100.000 orang dengan tribune bertutup di sisi selatan, sementara tiga lainnya ditinggalkan tanpa tutup.Termasuk pembelian tanah, pembangunan stadion awalnya memiliki biaya £60.000. Namun, karena biaya mulai meningkat, untuk mencapai kapasitas yang diinginkan diperlukan biaya tambahan £30.000 dari perkiraan awal dan, atas saran sekretaris klub J. J. Bentley, kapasitas diturunkan menjadi sekitar 80.000.Namun demikian, pada saat biaya transfer masih sekitar £1.000 mark, biaya pembangunan hanya cukup untuk memperkuat julukan klub "Moneybag United", yang telah membuat stadion diaspal sejak Davies telah menjadi ketua.

Pada Mei 1908, Archibald Leitch menulis kepada Cheshire Lines Committee (CLC) – yang memiliki stasiun kereta api yang berdekatan dengan situs yang diusulkan untuk lapangan sepak bola – dalam usaha untuk membujuk untuk mensubsidi pembangunan tribune sepanjang jalur kereta api. Subsidi total berjumlah £10.000, dan akan dikembalikan pada £2.000 per annum untuk lima tahun atau setengah dari penerimaan tiket tribune setiap tahunnya sampai pinjaman telah dilunasi. Namun, meskipun jaminan pinjaman berasal dari klub itu sendiri dan dua pabrik lokal, yang dipimpin oleh ketua klub John Henry Davies, CLC menolak proposal tersebut.



Hasil gambar untuk old trafford 1910
 
CLC merencanakan untuk membangun stasiun baru yang berdekatan dengan stadion baru, dengan janji tarif antisipasi £2.750 per annum mengimbangi biaya £9.800 untuk pembangunan stasiun. Stasiun – Trafford Park – akhirnya dibangun, tetapi di bagian bawah jalur daripada awalnya.CLC kemudian membangun stasiun sederhana dengan satu platform kayu yang dibangun tepat bersebelahan dengan stadion dan dibuka pada tanggal 21 Agustus 1935. Pada awalnya bernama Lapangan Sepak Bola United, namun dinamai menjadi Lapangan Sepak Bola Old Trafford pada awal 1936. Stadion ini dilayani pada hari pertandingan hanya oleh sebuah jasa antar-jemput kereta uap dari Stasiun Kereta Api Manchester Central. Saat ini stasiun tersebut dikenal sebagai Lapangan Sepak Bola Manchester United.Konstruksi dilakukan oleh Tuan Brameld dan Smith dari Manchester dan pengembangan selesai pada akhir tahun 1909. Pertandingan pertama di stadion ini dilaksanakan pada 19 Februari 1910, saat United menjamu Liverpool, yang dimenangkan tim tamu dengan skor 4–3. Seorang wartawan pada pertandingan melaporkan stadion ini sebagai "arena yang paling indah, yang paling luas dan paling luar biasa yang pernah saya lihat. Sebagai lapangan sepak bola, stadion ini tak tertandingi di dunia, ini adalah suatu kehormatan kepada Manchester dan rumah dari sebuah tim yang dapat melakukan keajaiban ketika mereka begitu dibuang".



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Mesut Özil

CATAHU 2020 : Perempuan dan Peradilan